Pelepasan KKN Reguler UNJ 2017

Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Djaali melepas 77 orang mahasiswa UNJ untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler tahun 2017 yang akan diselenggarakan dari tanggal 31 Juli sampai 31 Agustus 2017. KKN Reguler yang bertema “MELALUI KULIAH KERJA NYATA (KKN) KITA BERDAYAKAN MASYARAKAT DALAM BIDANG SOSIAL, EKONOMI, DAN BUDAYA” ini dilaksanakan di tiga provinsi, yaitu provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Pelepasan KKN Rektor UNJ
Pelepasan KKN dilakukan oleh Rektor bertempat di halaman UPT Perpustakaan UNJ pada hari Senin, 31 Juli 2017 pukul 08.00 WIB. Adapun peserta KKN yang berjumlah 77 orang mahasiswa, berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 70 mahasiswa, Fakultas Teknik sebanyak 3 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 2 mahasiswa, dan Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 2 mahasiswa.
Kegiatan KKN Reguler yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNJ ini dilaksanakan pada masa libur semester genap ke semester ganjil setiap pergantian tahun akademik. Esensi KKN ini bukan semata mengisi waktu libur kuliah saja, namun juga merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung di tengah‐tengah masyarakat yang dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan permberdayaan masyarakat di wilayah binaan.

WhatsApp Image 2017-07-31 at 10.44.05
Pada sambutan pelepasan, Rektor UNJ, Prof. Dr. Djaali menyampaikan harapan besar agar peserta KKN UNJ dapat terus meningkatkan kualitas pencapaian Tri Dharma perguruan tinggi, terutama dharma pengabdian kepada masyarakat. Harapan besar tersebut tertera dalam tema KKN Reguler 2017 yaitu: Melalui Kuliah Kerja Nyata kita berdayakan masyarakat dalam bidang sosial, ekonomi, dan budaya.
Adapun bidang-bidang kegiatan pemberdayaan masyarakat yang menjadi prioritas pada KKN Reguler ini meliputi:
1. Bidang Sosial, antara lain:
a. Pembinaan RPTRA
b. Pengadaan papan informasi
c. Perpustakaan mini
d. Pengadaan tong sampah umum
e. Pengadaan buku-buku bekas yang layak pakai
f. Perayaan HUT kemerdekaan RI
2. Bidang Ekonomi, antara lain:
a. Pelatihan bengkel motor
b. Pengolahan produksi ikan
c. Pelatihan kerajinan tangan
d. Pelatihan daur ulang sampah
3. Bidang Agama dan budaya, antara lain:
a. Pembinaan PAUD dan TPA
b. Pelatihan Perawatan Jenazah
c. Diskusi agama
d. Kegiatan bimbingan baca tulis al-Quran
e. Majeli ta’lim Ibu-ibu

Target kinerja LP2M UNJ pada masa mendatang adalah pengintegrasian kegiatan KKN secara komprehensif dengan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen UNJ. Dengan demikian kekuatan sivitas akademika benar-benar menjadi modal sosial yang besar untuk meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat. Semoga Allah SWT senatiasa memberikan kekuatan kepada kita semua untuk terus memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat.

source: http://unj.ac.id/halaman/informasi/detail_berita_305