SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMIK COVID-19

SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMIK COVID-19

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19” secara virtual pada Rabu, 16 Desember 2020.

Seminar nasional ini turut dihadiri oleh Rektor UNJ, Prof. Komarudin, M.Si., Ketua LPPM UNJ, Dr. Ucu Cahyana, M.Si., serta Pembicara Kunci Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., selaku Plt Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristek-BRIN. Selain itu hadir juga tiga pembicara undangan dari perguruan tinggi lain, antara lain : Xiamen University Malaysia (XMUM), Assoc Prof. Tan Swee Tiam, Ph.D., Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. drh.R. Wisnu Nurcahyo, dan Ketua Senat UNJ, Prof. Hafid Abbas.

Ucu Cahyana sangat mengapresiasi pada para yang telah mengirimkan paper penelitiannya yang tercatat ada 130 paper penelitian dari total peserta 153 orang dari 48 perguruan tinggi. Dia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari tri dharma perguruan tinggi, dan disini tidak hanya mendengarkan presentasi, juga terjadi pertukaran informasi dan kolaborasi antara peserta.

“Kegiatan pengabdian masyarakat harus dapat memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan, keterampilan, pengetahuan, wawasan bagi masyarakat luas. Kita ingin membangun sinergi dan kolaborasi bersama, mungkin nanti juga bisa melakukan pengabdian masyakarat di satu wilayah binaan bersama bahkan juga pengabdian masyarakat secara internasional di suatu negara” jelas Ucu.

Komarudin juga mengapresiasi seminar pengabdian kepada masyarakat yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di UNJ. Ini sebuah tradisi yang harus terus dijaga, dilanjutkan, dan ditingkatkan kedepannya.

“Pengabdian kepada masyarakat merupakan penerapan Iptek, hasil riset dan gagasan dosen dalam rangka menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya saat pandemik covid-19” kata Komarudin.

Menurut Komarudin, ada tiga poin yang dapat diperoleh dalam seminar ini. Pertama, mewadahi diseminasi atau penyebarluasan hasil p2m para dosen dari berbagai perguruan tinggi. Kedua, penguatan jejaring antar dosen pelaksana pengabdian masyarakat daru berbagai perguruan tinggi sekaligus jadi wadah publikasi ilmiah. Ketiga, memberikan kontribus i positif bagi perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat saat pandemic covid-19.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh pembicara kunci, Heri Hermansyah dengan materinya Pengabdian Masyarakat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Ia mengatakan tujuan dari pengembangan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan memanfaatkan segala sumber daya dan kapasitas yang dimiliki universitas (pengetahuan, penelitian, Pendidikan, dan keterampilan staf dan mahasiswa) untuk pengembangan masyarakat kemitraan dengan berbagai pihak.

Pada kesempatan itu juga tiga pembicara undangan juga memaparkan materinya terkait pengabdian masyarakat yang ada pada masing-masing universitas. Setelahnya, para peserta melanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pembahasan penelitian yang telah dikumpulkan.

Ketua pelaksana seminar nasional ini, Prof. Sakardi, berharap seminar nasional pengabdian kepada masyarakat pertama UNJ ini dapat memfasilitasi para dosen dalam rangka peningkatan publikasi ilmiah.

Dari hasil seminar ini, lanjut Sarkadi, akan dipilih artikel-artikel terbaik untuk dimuat pada jurnal nasional JPMM FE UNJ dan Sarwahita LPPM UNJ yang suda terindeks Sinta. Bagi artikel yang tidak terpilih, akan tetap dipublikasikan di prosiding nasional ber-ISBN.

Sumber: http://www.unj.ac.id/seminar-nasional-pengabdian-kepada-masyarakat-pemberdayaan-masyarakat-di-masa-pandemik-covid-19/